Menguak Kesalahpahaman Populer soal SCRUM part 3

Menguak Kesalahpahaman Populer soal SCRUM Part 3 (Final)

Kita kembali lagi untuk mengungkap dan membongkar kesalahpahaman seputar scrum. Artikel ini masih akan membahas sejumlah kesalahpahaman yang sering muncul dalam praktik scrum. Mari kita lanjut membacanya!

Poin 1: Release increment tidak harus menunggu akhir sprint

Dalam scrum, pengembangan increment seharusnya berjalan sepanjang waktu, dan increment dapat dirilis kapan saja tim dan product owner menganggapnya sudah siap untuk dikirim ke pelanggan atau pengguna akhir. Hal ini memungkinkan nilai tambah untuk diberikan lebih cepat.

Poin 2: Sprint khusus untuk persiapan, release, dan lainnya tidak ada

Sprint dalam scrum adalah periode waktu pengembangan produk yang potensial untuk pengiriman. Tidak ada sprint khusus untuk tugas-tugas tertentu di luar lingkup pengembangan produk. Tugas-tugas seperti persiapan atau release seharusnya terintegrasi dalam sprint biasa.

Poin 3: Komunikasi dengan stakeholder bukan hanya kewenangan product owner

Meski product owner memainkan peran penting dalam menjalin komunikasi dengan pemangku kepentingan, semua anggota tim scrum seharusnya dapat berinteraksi dengan pemangku kepentingan. Komunikasi terbuka dan berkelanjutan dengan pemangku kepentingan membantu memahami kebutuhan dan memastikan produk berkembang sesuai dengan harapan.

Poin 4: Product backlog item bisa diubah selama sprint berlangsung

Ada kesalahpahaman bahwa Product Backlog Item (PBI) tidak boleh diubah ketika sprint berlangsung. Namun, sesuai dengan prinsip adaptasi terhadap perubahan, PBI dapat diubah selama sprint jika diperlukan. Namun, perubahan semacam itu harus dikelola dengan hati-hati dan mempertimbangkan dampaknya pada sprint goal. Pengubahan PBI harus disetujui oleh product owner dan tim pengembangan.

Poin 5: Durasi sprint tidak terkait langsung dengan jumlah product backlog Item yang dikerjakan

Durasi sprint adalah keputusan tim, dan itu biasanya ditentukan secara konsisten, misalnya, 2, 3, atau 4 minggu. Jumlah PBI yang dikerjakan selama sprint harus sesuai dengan kapasitas tim, bukan ditentukan oleh durasi sprint. Tujuan utama adalah memberikan nilai yang konsisten dan berkualitas kepada pemangku kepentingan dalam setiap iterasi.

Scrum adalah kerangka kerja yang dinamis dan fleksibel. Namun, seringkali kesalahpahaman menghalangi implementasi yang efektif. Klarifikasi atas kesalahpahaman ini diharapkan dapat membantu Anda memahami lebih baik bagaimana mengadopsi scrum dengan benar. Teruskan untuk memahami lebih lanjut konsep-konsep penting dalam praktik scrum.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *