Jangan Cuma Coding, Programmer Juga Wajib Kuasai Teknologi ini!

Kemampuan membuat kode dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi skill wajib seorang programmer. Tetapi, profesi programmer saat ini tidak hanya berkutat pada produksi kode program atau aplikasi saja. Banyak skill dan teknologi lain di luar pemrograman yang perlu juga programmer pahami jika ingin karirnya berkembang. Artikel ini akan menjelaskan beberapa teknologi yang hukumnya wajib dikuasai oleh programmer jika mau tetap relevan di dunia IT.

  • Git dan Github

Git adalah sistem kontrol versi yang digunakan untuk mengelola kode sumber, sedangkan GitHub adalah platform penyimpanan dan kolaborasi kode sumber yang menawarkan fitur lengkap dan gratis. Sebenarnya ada platform lain seperti GitLab dan Bitbucket. Tetapi platform github lebih populer digunakan oleh programmer dan penggiat open source.

Untuk programmer pemula, fungsi git mungkin terbatas pada code repository (penyimpanan kode) saja. Namun sebenarnya fungsi git jauh lebih banyak daripada sekedar penyimpanan kode. Bahkan untuk pemrograman profesional dan tim, git menjadi komponen tool kolaboratif untuk mengerjakan kode aplikasi yang sama. Saat ini git juga menjadi tool wajib untuk memungkinkan proses CI/CD. Pembahasan lebih lengkap mengenai Git dan CI/CD akan saya ulas di artikel lain. Sekarang kita lanjut ke teknologi berikutnya.

  • Database

Database dan programming sebenarnya dua hal yang terpisah. Meski begitu, keduanya punya hubungan erat, terutama bagi programmer backend dan fullstack. Idealnya, programmer wajib menguasai skill pemrograman database. Tapi perlu diingat, database tidak hanya sekedar query DDL dan DML. 

Di lingkungan production, kemampuan database administration cukup penting dipahami oleh programmer. Alasannya karena kondisi lingkungan production sangatlah berbeda dengan proses development. Seringkali, database berjalan optimal tanpa masalah saat berjalan di lingkungan development atau staging, namun ketika ada di tahap development muncul beberapa masalah. Ketika muncul masalah inilah, skill pengelolaan server database dari programmer itu dibutuhkan. 

Memang biasanya dalam pengembangan aplikasi ada tim khusus untuk mengelola database, sebutannya Database Administrator (DBA). Tapi, gak ada salahnya kan jika programmer juga paham cara kerja database agar proses troubleshooting jadi lebih cepat. 

  • Linux OS

Faktanya, Linux menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan pada server aplikasi. Alasannya karena sistem operasi Linux sifatnya open source, ringan, dan punya keamanan yang baik. Oleh karena itu, programmer perlu tahu cara operasi sistem berbasis Linux.

Berbeda dengan Windows dan Mac yang menggunakan Graphical User Interface (GUI), kebanyakan Linux OS pada server menggunakan Command Line Interface (CLI) sehingga user tidak bisa melakukan klik-klik seperti pada windows. User hanya dihadapkan pada operasi berbasis perintah text. Tujuannya untuk mengoptimalkan resource server. Sayangnya, kondisi itu juga yang menyebabkan pengoperasisan Linux OS cukup sulit untuk pengguna biasa.

Seperti pada Database, biasanya ada role khusus untuk menangani pekerjaan terkait server. Namun programmer juga wajib tahu untuk mengoperasikan Linux OS menggunakan CLI agar lebih mudah melakukan deployment aplikasi ke server Linux dan melakukan debugging aplikasi.

  • Cloud Computing

Terakhir, programmer perlu memahami teknologi cloud computing. Hal ini karena cloud computing merupakan perkembangan teknologi terbaru dari server hosting tradisional. Inovasi teknologi cloud menawarkan banyak kemudahan, dan performa lebih baik dengan jumlah pengguna yang terus meningkat di setiap tahunnya. 

Penting bagi programmer untuk bisa mengoperasikan dan menggunakan layanan cloud seperti Amazon Web Services (AWS), Google Cloud, dan Microsoft Azure. Dengan begitu, programmer bisa membangun serta mengelola aplikasi skala besar dan tetap relevan dengan perkembangan teknologi terkini.

Itulah beberapa teknologi yang wajib dikuasai atau setidaknya dipelajari oleh programmer selain koding. Tidak menutup kemungkinan akan ada teknologi baru lainnya yang harus dikuasai oleh programmer di masa mendatang. Oleh karena itu, seperti halnya profesi lain, programmer harus selalu belajar agar kemampuan yang dimiliki tetap relevan dengan perkembangan jaman.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *